Kamis, 22 Maret 2012

GC


Kromatografi gas adalah cara pemisahan kromatografi menggunakan gas sebagai fase penggerak. Zat yang dipisahkan dilewatkan dalam kolom yang diisi dengan fase yang tidak bergerak yang terdiri dari bahan terbagi halus yang cocok. Gas pembawa mengalp melalui kolong dengan kecepatan tetap, memisahkan zat dalam gas atau cairan, atau dalam bentuk padat pada keadaan normal. Cara ini digunaka untuk percobaan identifikasi dan kemurnian, atau untuk penetapan kadar.
Kromatografi gas (GC) merupakan jenis yang digunakan dalam kimia organik untuk pemisahan dan analisis. GC dapat digunakan untuk menguji kemunian dari bahan tertentu, atau memisahan berbagai komponen dari campuran. Dalam beberapa situasi GC dapat membantu dalam mengidentifikasi sebuah kompleks.
 Dalam kromatogafi gas, fase yang bergerak (atau “mobile phese”) adalah sebuah operator gas, yang biasanya gas murni seperti helium atau yang tidak rective seperti gas nitrogen. Stationary atau fase diam merupakan tahap mikroskopis lapisan cair atau polimer yang mendukung gas murni, di dalam bagian dirisistem pipa-pipa kaca atau logam yang disebut kolom. Instremen yang digunakan untuk melakukan kromatografi gas disebut gas chromatograph (atau “aeograph”, “gas pemisah”).
Kromatografi gas pada prinsipnya sama kromatografi kolom (serta yang lainnya bentuk kromatografi, seperti HPLC, TLC), tapi memiliki beberapa perbedaan penting. Pertama proses memisahkan compounds dalam campuran dilakukan antara stationary fase cair dan gas fase bergerak, sedangkan pada kromatografi kolom yang seimbang adalah tahap yang solid dan bergerak adalah fase cair. (Jadi nama lengkap prosedur adalah “kromatografi gas-cair”, merujuk keponsel dan stationary tahapan, masing-masing), Kedua, melalii kolom yang lolos tahap gas terletak di sebuah oven dimana temperatur gas yang dapat dikontrol, sedangkan kromatografi kolom (biasanya) tidak memiliki kontrol seperti suhu. Ketiga, konsentrasi yang majemuk dalah fase gas adalah hanya salah satu fungsi dari tekanan uap dari gas.
Kromatografi gas juga mirip dengan pecahan penyulingan, karena kedua proses memisahkan komponen dari campuran terutama berdasarkan titik didih (atau tekanan uap) perbedaan. Namun, pecahan penyulingan biasanya digunakan untuk memisahkan komponen campuran pada skala besar sedangkan GC dapat digunakan pada skala yang lebih kecil (yakni microscale).
Umimnya terdiri dari pencadang gas pembawa (injector), tempat penyuntinkan zat, kolom terletak dalam themostat, alat pendeteksi (detector) dan alat pencatat (rekorder) yang ditampilkan pada komputer. Susunan tersebut dapa dibuat seperti gambar berikut:
http://1.bp.blogspot.com/_dfcYFskH5-g/S3oU0Ad0eBI/AAAAAAAAAUY/mvCttxpVu_8/s320/gas+kromatorafi.jpg

Cara Pengoperasian Gas Chromatografaphy
Sesudah alat alat disiapkan, alat pendektesi, suhu dan aliran gas pembawa diatur hingga kondisi seperti yang tertera pada masing-masing monografi, suntikan larutan zat sejumblah yang tertera pada masing-masing monografi atau larutan pada tempat penyuntikan zat menggunakan alat penyuntik mikro. Pemisahan komponen-komponen dideteksi dan diganmarkan dalam kromatografi. Letakkan kurva pada kromatogram dinyatakan dalam waktu retensi (waktu dari penyuntikan contoh sampai puncak kurva pada kromatogram) atau volume retensi (waktu x kecepatan alir gas pembawa) yang tetap untuk tiap zat pada kondisi yang tetap. Dasar ini digunakan untuk identifikasi. Dari luas daerah puncak urva atau tinggi puncak kurva, komponen zat dapat ditetapkan secara kuwantitatif.

Cara Kalibrsi
Buat satu larutan. Setelah itu, suntikan dengan volume sama tiap larutan ke dalam tempat penyutikan zat. Gambar garis kalibrasi dari kromatogram, dengan beat zat pada sumbu horizontal, dan tinggi puncak kurva atau luas daerah puncak kurva pada sumbu vartical. Buat larutan zat sepeti yang tertera pada masing-masing monograf. Dari kromatogram yang diperoleh dengan kondisi yang sama sepetii cara memperoleh garis kalibrasi, ukur luas daerah puncak kurva atau tinggi puncak kurva. Hitung jumlah zat menggunakan garis kalibrasi. Dalam cara keja ini, semua haerus dikerjakan dengan kondisi yang betul-betul tetap.





      


      
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar