Midle Test Semester
Ganjil 2009/2010
Mata
Kuliah
|
:
|
Riset
Operasional
|
S
O A L :
Waralaba Mc Donald memperkirakan bahwa pada bulan
Ramadhan 2009 terjadi peningkatan kedatangan pelanggan terutama pada jam berbuka puasa. Oleh karena itu manajemen mencoba untuk
mengevaluasi kemampuan dan waktu pelayanan karena fihak manajemen menginginkan
agar pelanggan memperoleh kepastian
waktu pelayanan. Ternyata Mc Donald mempunyai tingkat kedatangan pelanggan
berdistribusi Poison 1,5 menit per pelanggan dan tingkat pelayanan berdistribusi eksponensial, mampu melayani setiap
pelanggan selama 1
menit.
a. Berapa tingkat
intensitas (kegunaan) pelayanan (p) ?
b. Berapa jumlah rata-rata pelanggan yang diharapkan dalam sistem dan
jumlah pelanggan yang diharapkan
menunggu dalam antrian ?
c. Berapa menit waktu yang diharapkan oleh
setiap pelanggan selama dalam sistem dan waktu yang diharapkan oleh setiap pelanggan untuk menunggu dalam antrian?
d. Berdasarkan perhitungan sdr. tsb di atas, mampukan setiap server (petugas
pelayanan) melayani pelanggan maximum selama 60 detik untuk pesan burger seperti yang di iklankan
Mc Donald ?
e. Jika Biaya Tenaga Kerja adalah Rp 5.000,00/jam dan bekerja selama 8 jam/hari; sedangkan biaya pelayanan per masing-masing pelanggan adalah
Rp 500,00/layanan ! Berapa rata-rata Biaya minimum pelayanannya?
f.
Berikan
contoh-contoh aplikasi metode antrian ini dalam dunia usaha dan industri (selain 4 contoh berikut!) dan jelaskan
bagaimana pelaksanaannya atau jalannya kegiatan jika di terapkan di (1) Pabrik
Gula; (2) Pabrik pengolahan mie Instant; (3) Pabrik Ice Cream; (4) Restaurant fast food (pilih 2
diantara 4 ini!).
g.
Gambarkan,
beri contoh aplikasinya dan jelaskan singkat
model-model antrian (queeing)!
h.
Sebutkan
dan jelaskan karakteristik populasi kedatangan dan fasilitas pelayanan serta
asumsi aplikasi metode antrian ini baik untuk barang maupun jasa (manusia dan
kegiatannya)!
PT.
Sekar Tanjung Factory adalah produsen frozen milk dan ingin melakukan ekspansi usaha dengan berbagai alternatif pilihan yaitu
membangun pabrik baru dengan skala besar atau skala kecil. Sedangkan Manajer keuangan menyarankan untuk
tidak melakukan ekspansi melalui investasi pabrik baru tetapi meningkatkan
kapasitas pabrik. Bahkan jika perusahaan tidak mampu memperoleh dana segar
melalui penyertaan modal atau kredit, maka perusahaan menghadapi alternative :
tidak melakukan ekspansi (do nothing). Diperkirakan ada tiga kondisi pasar yang
dihadapi yaitu dalam kondisi (a) sangat menguntungkan (very favorable market); (b) menguntungkan (average market) dan (c) tidak menguntungkan (un-favorable market).
Berikut ini adalah perkiraan kerugian dan keuntungan yang diperoleh
perusahaan pada berbagai kondisi pasar dan alternatif keputusan.
Alternatif keputusan
|
Kondisi pasar yang dihadapi :
|
||
Sangat menguntungkan
|
Menguntungkan
|
Tidak menguntungkan
|
|
Pabrik Besar
|
$ 275.000
|
$ 100.000
|
- $ 150.000
|
Pabrik Kecil
|
$ 200.000
|
$ 60.000
|
- $ 30.000
|
Peningkatan
Kapasitas
|
$ 100.000
|
$ 40.000
|
- $ 10.000
|
Do nothing
|
$ 0
|
$ 0
|
$ 0
|
- Bagaimana alternatif keputusan manager dalam kondisi ketidakpastian
menggunakan kriteria (1) maximax;
(2) maximin dan (3) minimax ? Jelaskan. Apa kelemahan kriteria ini ?
- Bagaimana alternatif keputusan manager dalam kondisi ketidakpastian
menggunakan pendekatan probabilitas untuk masing-masing kondisi pasar
tersebut adalah 0,2 ; 0,7 dan 0,1?
- Bagaimana alternatif keputusan manager menggunakan pendekatan
probabilitas untuk masing-masing kondisi pasar adalah 0,7 ; 0,2 dan
0,1?
- Jelaskan bedanya pendekatan pada point (a) dengan point
(b).
e.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan : Maximax, maximin dan minimax ?; EMV
(Expected Monetary Value) dan Pendekatan EOL
(Expected Opportunity Loss)
Midle Test Semester
Ganjil
Mata
Kuliah
|
:
|
Riset
Operasional
|
W
a k t u
|
:
|
75
menit
|
S
O A L :
Waralaba Mc Donald memperkirakan bahwa pada bulan
Ramadhan 2009 terjadi peningkatan kedatangan pelanggan terutama pada jam berbuka puasa. Oleh karena itu manajemen mencoba untuk
mengevaluasi kemampuan dan waktu pelayanan karena fihak manajemen menginginkan
agar pelanggan memperoleh kepastian
waktu pelayanan. Ternyata Mc Donald mempunyai tingkat kedatangan pelanggan
berdistribusi Poison 1,5 menit per pelanggan dan tingkat pelayanan berdistribusi eksponensial, mampu melayani setiap
pelanggan selama 1
menit.
a. Berapa tingkat
intensitas (kegunaan) pelayanan (p) ?
b. Berapa jumlah rata-rata pelanggan yang diharapkan dalam sistem dan
jumlah pelanggan yang diharapkan
menunggu dalam antrian ?
c. Berapa menit waktu yang diharapkan
oleh setiap pelanggan selama dalam sistem dan waktu yang diharapkan oleh setiap pelanggan untuk menunggu dalam antrian?
d. Berdasarkan perhitungan sdr. tsb di atas, mampukan setiap server (petugas
pelayanan) melayani pelanggan maximum selama 60 detik untuk pesan burger seperti yang di iklankan
Mc Donald ?
e. Jika Biaya Tenaga Kerja adalah Rp 5.000,00/jam dan bekerja selama 8 jam/hari; sedangkan biaya pelayanan per masing-masing pelanggan adalah
Rp 500,00/layanan ! Berapa rata-rata Biaya minimum pelayanannya?
f.
Berikan
contoh-contoh aplikasi metode antrian ini dalam dunia usaha dan industri (selain 4 contoh berikut!) dan jelaskan
bagaimana pelaksanaannya atau jalannya kegiatan jika di terapkan di (1) Pabrik
Gula; (2) Pabrik pengolahan mie Instant; (3) Pabrik Ice Cream; (4) Restaurant fast food (pilih 2
diantara 4 ini!).
g.
Gambarkan,
beri contoh aplikasinya dan jelaskan singkat
model-model antrian (queeing)!
h.
Sebutkan
dan jelaskan karakteristik populasi kedatangan dan fasilitas pelayanan serta
asumsi aplikasi metode antrian ini baik untuk barang maupun jasa (manusia dan
kegiatannya)!
PT.
Sekar Tanjung Factory adalah produsen frozen milk dan ingin melakukan ekspansi usaha dengan berbagai alternatif pilihan yaitu
membangun pabrik baru dengan skala besar atau skala kecil. Sedangkan Manajer keuangan menyarankan untuk
tidak melakukan ekspansi melalui investasi pabrik baru tetapi meningkatkan
kapasitas pabrik. Bahkan jika perusahaan tidak mampu memperoleh dana segar
melalui penyertaan modal atau kredit, maka perusahaan menghadapi alternative :
tidak melakukan ekspansi (do nothing). Diperkirakan ada tiga kondisi pasar yang
dihadapi yaitu dalam kondisi (a) sangat menguntungkan (very favorable market); (b) menguntungkan (average market) dan (c) tidak menguntungkan (un-favorable market).
Berikut ini adalah perkiraan kerugian dan keuntungan yang diperoleh
perusahaan pada berbagai kondisi pasar dan alternatif keputusan.
Alternatif keputusan
|
Kondisi pasar yang dihadapi :
|
||
Sangat menguntungkan
|
Menguntungkan
|
Tidak menguntungkan
|
|
Pabrik Besar
|
$ 275.000
|
$ 100.000
|
- $ 150.000
|
Pabrik Kecil
|
$ 200.000
|
$ 60.000
|
- $ 30.000
|
Peningkatan
Kapasitas
|
$ 100.000
|
$ 40.000
|
- $ 10.000
|
Do nothing
|
$ 0
|
$ 0
|
$ 0
|
- Bagaimana alternatif keputusan manager dalam kondisi ketidakpastian
menggunakan kriteria (1) maximax;
(2) maximin dan (3) minimax ? Jelaskan. Apa kelemahan kriteria ini ?
- Bagaimana alternatif keputusan manager dalam kondisi ketidakpastian
menggunakan pendekatan probabilitas untuk masing-masing kondisi pasar
tersebut adalah 0,2 ; 0,7 dan 0,1?
- Bagaimana alternatif keputusan manager menggunakan pendekatan
probabilitas untuk masing-masing kondisi pasar adalah 0,7 ; 0,2 dan
0,1?
- Jelaskan bedanya pendekatan pada point (a) dengan point
(b).
- Jelaskan apa
yang dimaksud dengan : Maximax, maximin dan minimax ?; EMV (Expected Monetary Value) dan Pendekatan EOL (Expected Opportunity Loss)
contoh penyelesaianya tidak ada pak
BalasHapusUntuk bagian ini hanya menampilkan contoh soal saja, untuk pembahasannya mungkin akan di tambahkan di kemudian hari..
Hapusterimakasih..
penyelesaiannya mana pak???
Hapusterima kasih pak sangat membantu,
BalasHapustapi lebih membantu lagi kalau diberi penyelesaiannya pak
ditunggu yaa