Jumat, 20 Juli 2012

Sari Apel "SAHABAT ITP" Produksi HMJ ITP-FPP-UMM

Sari apel merupakan salah satu komoditi yang kini sedang menjadi primadona di kota malang, mengingat jumlah apel yang cukup melimpah di wilayah ini. Selain itu image kota malang sebagai kota apel juga telah melekat erat dan sulit untuk di pisahkan. Melihat peluang itu, maka kami HMJ ITP UMM mencoba untuk mencari peruntungan di tengah pasar yang sangat terbuka luas ini. Dimana kami mencoba memposisikan diri untuk memproduksi sekaligus memasarkan produk kami ini, untuk tahun pertama ini kami mulai dengan menguasai pangsa pasar di dalam kampus, dan ternyata prospeknya sangat luarbiasa. Dari pihak jurusan sangat mendukung, hal itu Nampak dari usaha ketua Lab. Ilmu dan Teknologi Pangan sangat gigih untuk mempromosikan produk kami ini. Dari pihak Fakultas pun demikian, arus dukungan dan motivasi pun sangat kuat, dimana Bapak Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang juga sangat mensuport kinerja kami ini. Dukungan-dukungan itu terwujud dengan selalu di pesannya sari Apel “Sahabat ITP” ini pada setiap rapat-rapat di tataran fakultas. Tidak Cuma berhenti sampai disitu, ternyata produk kami juga telah di rekomendasikan untuk digunakan dalam rapat-rapat di tataran Universitas. Selain itu, ketika ada kunjungan kunjungan maka produk kami juga sering menjadi pelepas dahaga dikala peserta kunjungan merasa haus.
Dalam bekerja kami menggunakan cup sealer semi otomatis milik Lab. ITP, memamang dalam prosesnya masih belum mampu memaksimalkan kerja kami, namun secara fungsional masih cukup untuk mengcover proses produksi apabila pesanan dibawah 500 cup. Untuk perlengkapan yang lain juga kami peroleh dari perlengkapan Lab. ITP UMM. Dan sebagian yang lain kami lengkapi dengan cara meminjam ataupun beli.
Harga jual yang kami tawarkan cukup terjangkau, dimana sari apel sejumlah 48 cup pada tiap kardusnya, kami bandrol seharga Rp. 40.000. dimana tiap-tiap cup berisi 120ml sari apel.
Bahan yang kami gunakan dalam pembuatan sari apel antara lain adalah : Apel, Gula Malang, Air, As. Sitrat, Na. Benzoat, Karamel, Asam Malat, serta perisa apel.
Dalam proses kedepannya, kami juga tengah menyusun unit-unit produksi yang lainnya guna meningkatkan pengalaman kerja pada jalur yang sesuai dengan disiplin ilmu kami, selain itu juga untuk mengupayakan kemandirian ekonomi pelaku usaha (Mahasiswa) dan juga HMJ ITP.

Oleh: Adi Santoz (Mr.149), design by: Noor Sukma A. L.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar